LANDASAN FILOSOFIS
PENDIDIKAN
Oleh
Nursa Fatri Nofriati
(NIM : 060226815190018)
A. PENGERTIAN FILSAFAT
Filsafat telah ada sejak manusia itu
ada (Pidarta,2001). Filsafat berasal dari bahasa Yunani, taitu philos yang
artinya cinta dan Sophia yang artinya kebijaksanaan atau kebenaran.
Jadi, filsafat artinya cinta akan kebijaksanaan atau kebenaran. Secara ilmiah
definisi filsafat yaitu usaha berpikir radikal dan hasil yang diperoleh dari
menggambarkan dan menyatakan suatu pandangan yang menyeluruh secara sistematis
tentang alam semesta serta tempat dilahirkannya manusia.
B.
LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN
Filsafat pendidikan ialah hasil
pemikiran dan perenungan secara mendalam sampai akar-akarnya mengenai
pendidikan (Pidarta,2001). Landasan filosofi pendidikan adalah seperangkat
filosofi yang dijadikan titik tolak dalam pendidikan. Landasan filosofis
pendidikan sesungguhnya merupakan suatu sistem gagasan tentang pendidikan dan
dedukasi atau dijabarkan dari suatu sistem gagasan filsafat umum yang diajurkan
oleh suatu aliran filsafat tertentu. Terdapat hubungan implikasi antara
gagasan-gagasan dalam cabang-cabang filsafat umum tehadap gagasan-agasan
pendidikan. Landasan filosofis pendidikan tidak berisi konsep-konsep tentang
pendidikan apa adanya, melainkan berisi tentang konsep-konsep pendidikan yang
seharusnya atau yang dicita-citakan.
Dalam landasan filosofis pendidikan
juga terdapat berbagai aliran pemikiran. Hal ini muncul sebagai implikasi dari
aliran-aliran yang terdapat dalam filsafat. Sehingga dalam landasan filosofi
pendidikan pun dikenal adanya landasan filosofis pendidikan Idealisme,
Realisme, dan Pragmatisme.
C.
LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN IDEALISME, REALISME, DAN PRAGMATISME
- Landasan Idealisme
a
Konsep
Filsafat Umum Idealisme
· Metafisika:
Para filsuf idealisme mengklaim bahwa realitas padahakikatnya bersifat
spiritual.
· Manusia:
adalah mahluk spiritual, mahlukberfikir, memiliki tujuan hidup dan hidup di
dunia dengan suatu aturan moral yang jelas.
· Epistemology:
pengetahuan diperoleh dengan cara mengingat kembali atau berfikir melalui
intuisi.
· Aksiologi:
manusia diperintah oleh nilai moral yang imperative yang besumber dari realitas
yang absolute.
b
Implikasi
terhadap Pendidikan
· Tujuan
pendidikan: pengembangan karakter, pengmbangan bakat insane, dan kebijakan
social
· Kurikulum/isi
pendidikan: pengembangan kemampuan berpikir melalui pengembangan pendidikan
liberal, penyiapan keterampilan kerja suatu mata pencaharian melalui pendidikan
praktis.
· Metode
pendidikan: metode yang di utamakan adalah metode dialetik, namun tiap metode
yang mendorong belajar dapat diterima, da cenderung mengabaikan dasar-dasar
fisiologis untuk belajar.
· Peranan
pendidik dan peserta didik: pendidik bertanggungjawab menciptakan lingkungan
pendidikan bagi peserta didik. Sedangkan peserta didik bebas mengembangkan
keperibadian dan bakat-bakatnya.
- Landasan Realisme
a
Konsep
Umum Filsafat Realisme
· Metafisika:
Para Filosof Realisme memandang dunia dalam pengertian materi yang hadir dengan
sendirinya, dan tertata dalam hubungan-hubungan yang teratur diluar campur
tangan manusia.
· Manusia:
Hakikat manusia terletak pada apa yang dikerjakannya. Manusia bisa bebas atau
tidak bebas. Pikiran atau jiwa merupakan
suatu organisme yang sangat rumit yang
mampu berpikir.
· Epistemologi:
Pengetahuan diperoleh manusia melalui pengalaman diri dan penggunaan akal.
· Aksiologi:
Tingkah laku manusia diatur oleh hukum alam dan pada taraf yang lebih randah diatur oleh kebijaksanaan
yang telah teruji.
b
Implikasi
terhadap Pendidikan
· Tujuan
pendidikan: pendidikan bertujuan untuk penyesuaian diri dalam hidup dan mampu
melaksanakan tanggungjawab sosial.
· Kurikulum/isi
pendidikan: Harus bersifat komprehensif yang berisi sains, matematika,
ilmu-ilmu kemanusiaan dan ilmu social, serta nilai-nilai.
· Metode:
Metode hendaknya bersifat logis dan psikologis.
· Peranan
pendidik dan peserta didik: Pendidik
adalahpengelola kegiatan belajar-mengajar (classroom is teacher-centered).
Sedangkan peserta didik berperan untuk menguasai pengetahuan, taat pada aturan
dan berdisplin.
- Landasan Pragmatisme
a
Konsep
Filsafat Umum Pragmatisme
· Metafisika:
pragmatisme anti metafisika, suatu teori umum tentang kenyataan tidaklah
mungkin dan tidak perlu. Manusia adalah hasil evolusi biologis, psikologis dan
sosial.
· Manusia:
Manusia adalah hasil evolusi biologis, pikologis, dan social.
· Epistemologi:
pengetahuan yang benar diperoleh melalui pengalaman dan berpikir (scientific
method). Pengetahuan adalah relative.
· Aksiologi:
ukuran tingkah laku individual dan social di tentukan secara eksperimental
dalam pengalaman hidup.
b
Implikasi
terhadap Pendidikan
· Tujuan
pendidikan: pendidikan adalah pertumbuhan sepanjang hayat, proses rekontruksi
yang berlangsung terus menerus dari pengalaman yang terakumulasi dan sebuah
proses social. Tujuan pendidikan adalah memperoleh pengalaman yang berguna
memecahkan masalah-masalah dalamkehidupan individual maupun social..
· Kurikulum/isi
pendidikan: Kurikulum mungkin berubah, warisan-warisan sosial dari masa lalu
tidak menjadi fokus perhatian. Pendidiakn terfokus pada kehidupan yang baik
pada saat ini dan masa datang bagi individu, dan secara besamaan masyarakat
dikembangkan.
· Metode:
Menguatamakan metode pemecahan masalah, penyelidikan dan penemuan.
· Peranan
pendidik dan peserta didik: Pendidk yaitu memimpin dan membimbing pesrta didik
belajar tanpa ikut campur terlalu atas minat dan kebutuhan siswa. Peserta didik
berperan sebagai organisme yang rumit yang mampu tumbuh.
D.
PANCASILA SEBAGAI LANDASAN FILSAFAT SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Bangsa Indonesia memiliki filsafat
umum atau filsafat Negara ialah Pancasila sebagai falsafah Negara. Pasal 2
UU-RI No. 2 Tahun 1989 menetapkan bahwa pendidikan Nasional berdasarkan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan ketetapan MPR-RI
No.II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila menegaskan pula
bahwa pancasila itu adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, kepribadian bangsa
Indonesia, pandangan hidup bangsa Indonesia, dan dasar Negara Republik
Indonesia.
DAFTAR
PUSTAKA
________, lucha.pbworks.com/f/Landasan+Filosofis+Pendidikan.docx.
Lestari, R.I. Landasan Filosofi
Pendidikan. Di akses 27 Agustus 2015 dari https://rahmawatiindahlestari.wordpress.com/semester-1/lkpp/landasan-filosofis-pendidikan/
0 komentar:
Posting Komentar